Tuesday 4 October 2016

Memasang TCI(Transistor Coil Ignition) Pengganti Saklar Platina

       Platina merupakan komponen penting dalam sistem pengapian kendaraan. Pada kendaraan lawas, platina digunakan sebagai saklar untuk membangkitkan pulsa yang tersambung pada Koil. Perlu diketahui, prinsip kerja koil seperti trafo(transformator), dan memang sebenarnya itu merupakan trafo. Trafo atau koil(dalam kendaraan) Dapat bekerja jika aliran arus yang masuk berfrekuensi. Tetapi, pada kendaraan, sistem kelistrikannya mayoritas menggunakan Full DC. Sehingga, jika arus sumber langsung dihubungkan ke koil, maka koil tidak akan membangkitkan listrik yang cukup besar untuk membuat loncatan listrik(Sebagai sumber pengapian). Oleh karena itu, dibutuhkan penyaklar yang dapat on-off/hidup-mati/kontak-nonkontak untuk membangkitkan pulsa(Frekuensi). Penyaklar itu adalah PLATINA(Pada kendaraan lawas). Platina merupakan penyaklar mekanik, yang prinsip kerjanya seperti sklar di rumah atau saklar pada umumnya.
   
     Untuk itu, seiring penggunaannya pada Rpm tinggi = Frekuensi Tinggi = Penyaklaran sangat cepat dan juga Arus dari koil yang termasuk besar +- 5 s/d 10A, membuat platina  Semakin lama akan semakin Aus. Untuk itulah perlu dibuat suatu saklar yang Contacless. Bisa menggantinya dengan CDI. Tapi jika ingin solusi yang murah, dapat tetap menggunakan penyaklar platina yang dibantu Transistor sebagai penyaklar koilnya.

Okeh, kita lihat penampakan skematik TCI nya.....


Pulser   --->   Dihubungkan pada terminal yang ada pada delco ( kondensor tidak perlu dipasang)

GND   ---->   Dihubungkan ke Massa/Ground/ - 

VCC   ---->   Dihubungkan ke Sumber +12V

Koil -  -----> Dihubungkan ke terminal koil Negatif ( - )


Setelah pemasangan selesai, Karena TCI ini pengapiannya sangat presisi sekali, maka perlu diatur timming pengapiannya. Dengan menggeser delco searah jarum jam (Pengapian maju), atau berlawanan arah jarum jam (Pengapian mundur).


Penampakan hasil pembuatan TCI yang saya pasang pada mobil saya Suzuki Jimny Katana. Untuk hasil Videonya


Sebenarnya masih ada cara lain, untuk menggantikan platina selain memakai CDI. Bisa menggunakan sensor efek medan magnet. 

JIKA ADA YANG BERKENANG MENYUMBANG 1 SET DELCO YG TIDAK TERPAKAI. BISA MENGHUBUNGI SAYA UNTUK SAYA JADIKAN BAHAN RISET YANG HASILNYA AKAN SAYA SHARE, AGAR DAPAT DIAPLIKASIKAN PADA MOBIL TEMAN2





No comments:

Post a Comment